Apa yang bisa dibaca dari data

Dari data (apakah itu data kuantitatif ataupun itu data kategorikal) kita bisa mendapatkan banyak hal. Berikut ini adalah beberapa hal yang kita bisa dapatkan dari suatu data.

  1. Distribution
    Distribution adalah penyebaran dari data. Jika data yang kita punya adalah kategorikal yang hanya berisi jawaban ya atau tidak, kita dapat melihat penyebarannya apakah penyebarannya merata, atau penyebarannya tidak merata. Namun jika data yang kita punya adalah kuantitatif seperti nilai ujian, kita dapat melihat apakah penyebarannya merata, atau lebih banyak yang mendapatkan nilai bagus.
  2. Shape
    Shape adalah bentuk dari data. Mengetahui bentuk dari suatu data sangat berguna dalam penelitian ini. Jika data yang kita punya adalah tinggi badan mahasiswa di salah satu universitas, mungkin shape yang akan didapatkan adalah berbentuk bel terbalik (bell-shaped curve)
  3. Center
    Center adalah pusat dari data. Salah satu ukuran dari pusat data adalah mean (rata-rata), median (nilai tengah) dan modus (nilai terbanyak)
  4. Variability
    Variability adalah suatu ukuran yang menyatakan apakah data cukup tersebar atau tidak. Salah satu ukuran dari variability adalah standar deviasi, lalu selisih antara nilai maksimum dan nilai minimum dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *