Eksplorasi 5.3 Donor Darah

Donor darah dari sukarelawan berperan penting dalam sistem kesehatan nasional. Apakah warga negara lebih banyak atau sedikit melakukan donor darah pada tahun-tahun tertentu? Apakah wanita lebih banyak atau sedikit yang melakukan donor darah dibandingkan pria? Untuk menyelidiki pertanyaan-pertanyaan ini, kita akan menganalisa data dari General Social Survey, yang mengadakan survei setiap 2 tahun dengan sampel data acak nasional.

  1. Apakah penelitian ini menggunakan sampling acak (random sampling), pengaturan acak (random assignment)keduanya atau tidak sama sekali? Jelaskan juga jawaban Anda dalam lingkup kesimpulan yang dapat ditarik dari data ini.
  2. Mari kita mulai dengan membandingkan data dari tahun 2002 dan 2004. Nyatakanlah hipotesa nol dan alternatif, dengan kata-kata dan simbol, untuk menjawab rumusan masalah apakah warga negara lebih banyak atau sedikit melakukan donor darah pada tahun-tahun tertentu. (Petunjuk: Ingat bahwa hipotesa berkaitan dengan parameter populasi. Pikirkan juga apakah hipotesa alternatif tersebut harus bersifat satu sisi atau dua sisi sebelum Anda melihat data).presentation110.jpg
  3. Untuk setiap tahunnya, hitunglah conditional proportion dari warga yang melakukan donor darah dalam 12 bulan terakhir. Gunakan simbol. Hitunglah juga selisih antara proporsi sampel ini (proporsi 2002 dikurangi dengan 2004).
  4. Buatlah diagram batang bersegmen untuk menampilkan conditional proportion dari jumlah orang yang melakukan donor darah pada tahun 2002 dan 2004. Berikan komentar mengenai diagram tersebut dan penghitungan Anda dari nomor 3 mengenai kedua sampel ini.
  5. Gunakan Two Proportions applet untuk mengadakan analisa simulasi untuk memperkirakan p-value untuk menguji hipotesa Anda. Anda dapat memasukkan data ke dalam tabel 2×2 ataupun memasukkan data ke Sample data box dan menekan Use Table. Atau Anda juga dapat menyalin data dari website dan memasukkan data tersebut ke dalam Sample data box dan menekan Use Data. Verifikasi diagram batang bersegmen yang telah Anda buat.
  6. Centanglah pilihan Show Shuffle Options dan pilihlah 1000 pengulangan lalu tekanlah Shuffle.
    1. Nyatakan bagaiman mencari p-value dari distribusi nol. Ingatlah bahwa hipotesa alternatif Anda bersisi satu atau dua.
    2. Catatlah p-value yang Anda dapatkan.
    3. Berdasarkan p-value ini, apakah sampel data memberikan banyak bukti bahwa proporsi populasi yang donor darah di 2002 berbeda dengan proporsi yang donor darah di 2004?
  7. Apakah distribusi nol dari hasil simulasi proporsi p 2002 – p 2004 mengikuti pola distribusi normal? Berapakah nilai pusatnya? Berapakah nilai standar deviasinya?
  8. Mari kita lihat informasi yang diperoleh dari standarisasi statistik:
    1. Catatlah nilai yang didapat untuk sampel statistik p 2002 – p 2004.
    2. Berapa standar deviasi berada di atas atau di bawah dari nilai statistik yang diobservasi?
    3. Apakah kekuatan bukti terhadap hipotesa nol berdasarkan standarisasi statistik ini konsisten dengan p-value?
  9. Periksalah Overlay Normal Distribution. Apakah pola kedua distribusi tersebut serupa? Bagaimana perbandingan p-value mereka?
  10. Gunakan interval kepercayaan 95% untuk proporsi-proporsi. (Kotak ini bisa ditemukan di panel kiri ketika selisih dipilih sebagai statistik)
    1. Catat nilai ujung dari interval ini
    2. Interpretasikanlah interval ini. Nyatakanlah parameter yang diestimasi oleh interval ini.
    3. Apakah interval ini hanya memiliki nilai negatif, hanya positif, atau dari negatif sampai positif?
  11. Applet lain yang dapat digunakan untuk menghitung p-value dan interval kepercayaan untuk uji dua proporsi adalah Theory Based Inference applet. Dari menu, pilihlah Two proportions dan masukkan informasi, dengan 2002 sebagai sampel kelompok 1. Pilih Test of Significance dan tekan lambang ≠ agar hipotesa menjadi dua sisi. Tekan Calculate. Verifikasilah p-value yang telah Anda dapat dengan interval kepercayaan.
  12. Apakah valid untuk menggunakan metode teori untuk kedua proporsi dalam penelitian ini? Mengapa? (Ingat: persyaratan validitas adalah minimal 10 observasi di masing-masing unit dari tabel 2×2)
  13. Apakah masuk akal untuk menarik kesimpulan ini kepada populasi seluruh warga negara? Kenapa?
  14. Mari kita lihat apabila kita menukar kelompok 1 dan 2.
    1. Sebelum menghitung apa-apa, apa yang Anda perkirakan akan terjadi pada standarisasi statistik, p-value, interval kepercayaan jika kelompok 1 adalah 2004?
    2. Ubahlah hal ini dalam Theory Based Inference applet dan tekan Calculate. Catatlah hasil baru dari standarisasi statistik, p-value, dan interval kepercayaan.
    3. Apakah perubahan ini sesuai perkiraan Anda?
  15. Analisa data untuk menjawab rumusan masalah apakah wanita dan pria berbeda mengenai perihal donor darah. Gunakanlah analisa deskriptif (tabel dan grafik) dan analisa inferensi (p-value dan interval kepercayaan). Gunakan metode teori, jika persyaratan validitas sudah terpenuhi, untuk analisa inferensi. Jika menurt Anda perbedaannya cukup signifikan, estimasilah perbedaannya. Buatlah analisa dan kesimpulan dari penelitian Anda. Berikut adalah data:

presentation111.jpg