Eksplorasi 8.2A Handuk Hotel

Di masa kini, terutama di hotel-hotel besar, para tamu diajak untuk ikut melestarikan lingkungan, salah satunya dengan tidak mengganti handuk yang mereka pakai setiap harinya. Menggunakan handuk berulang-ulang ternyata mengurangi pemborosan air dan pencemaran deterjen ke lingkungan. Dalam suatu studi (Goldstein et al., 2008) melakukan sebuah eksperimen yang bersifat acak untuk menginvestigasi apakah pesan untuk ikut menjaga lingkungan yang ditaruh di dalam kamar hotel mempengaruhi tamu dalam menggunakan handuk berulang-ulang.

Sebelum tamu datang menginap, di dalam kamar hotel dipasang satu dari 4 jenis pesan di bawah ini secara acak.

Pesan 1: IKUTLAH MELESTARIKAN LINGKUNGAN KITA. Anda dapat menjaga bumi ini dengan menggunakan kembali handuk yang telah anda pakai selama anda menginap disini.
Pesan 2: BERGABUNGLAH DENGAN TAMU TAMU YANG LAIN UNTUK MELESTARIKAN LINGKUNGAN KITA. Anda dapat menjaga bumi ini dengan menggunakan kembali handuk yang telah anda pakai selama anda menginap disini.  Tercatat 75% dari tamu hotel ini telah bergabung untuk melestarikan lingkungan kita.
Pesan 3: BERGABUNGLAH DENGAN MASYARAKAT NEGRI INI UNTUK MELESTARIKAN LINGKUNGAN KITA. Anda dapat menjaga bumi ini dengan menggunakan kembali handuk yang telah anda pakai selama anda menginap disini.  Tercatat 75% dari tamu hotel ini telah bergabung untuk melestarikan lingkungan kita.
Pesan 4: BERGABUNGLAH DENGAN PRIA DAN WANITA UNTUK MELESTARIKAN LINGKUNGAN KITA. Anda dapat menjaga bumi ini dengan menggunakan kembali handuk yang telah anda pakai selama anda menginap disini.  Tercatat 76% wanita dan 74% pria yang merupakan tamu hotel ini telah bergabung untuk melestarikan lingkungan kita.

1. Tuliskan tujuan dari penelitian ini dengan kata-kata anda sendiri

2. Jelaskan apa variabel eksplanatori dan variabel respon dalam penelitian ini

Dari data yang didapatkan, ternyata terdapat total 1261 partisipan dengan detail sebagai berikut. Terdapat 305 partisipan yang mendapat pesan 1 dan 123 diantaranya menggunakan handuk berulang-ulang. Lalu terdapat 306  partisipan yang mendapat pesan 2 dan 151 diantaranya menggunakan handuk berulang-ulang selama mereka tinggal di hotel itu. Lalu terdapat 310 orang yang mendapat pesan 3 dan 137 diantaranya menggunakan handuk berulang-ulang. Terakhir ada 340 orang yang mendapat pesan 4 dan ada 150 yang menggunakan handuk yang sama.

3. Apakah tipe data dari variabel eksplanatori dan apakah tipe data dari variabel respon

4. Tuliskan hipotesis nol dan hipotesis alternatif untuk penelitian ini. Tuliskan hipotesis dalam kata-kata dan juga dalam simbol

5. Lengkapilah tabel dibawah ini

1 2 3 4 Total
Menggunakan handuk kembali
Tidak menggunakan handuk kembali
 Total

6. Hitunglah statistik MAD dari penelitian ini

7. Dengan menggunakan applet lakukanlah simulasi akan studi ini dan tentukan p-valuenya

8. Apakah kesimpulan anda akan penelitian ini.