Monty Hall problem

Dalam posting kita kali ini, kita akan dihadapkan suatu kasus dimana kita harus mengambil keputusan. Keputusan yang kita akan pilih melibatkan peluang dan kita akan membuat simulasi untuk membantu kita dalam mengambil keputusan tersebut.

Misalkan anda adalah seorang peserta kuis yang dihadapkan pada 3 buah pintu. Di belakang salah satu pintu tersebut ada hadiah mobil yang siap anda bawa pulang jika anda memilih pintu tersebut. Namun di belakang dua pintu lainnya hanyalah sebuah gambar kambing yang berarti anda gagal. Anda kemudian diminta memilih salah satu pintu, dan sebelum anda membuka pintu tersebut, host dari acara kuis tersebut membuka salah satu pintu yang berisi gambar kambing, dan menawarkan kepada anda apakah anda ingin mengganti pintu atau tetap pada pilihan anda semula.

Anda ditawarkan untuk tetap memilih pintu yang anda pilih semula atau untuk mengganti pintu. Tapi apakah hal ini akan meningkatkan peluang anda menang atau sama saja?

Cobalah anda mencoba membuat simulasi permainan ini dengan teman anda. Misalkan teman anda menawarkan kepada anda tiga buah kartu tertutup dimana dua kartu berwarna merah yang melambangkan pintu yang berisi gambar kambing dan satu kartu berwarna hitam yang melambangkan pintu yang berisi mobil. Anda dipersilahkan untuk memilih sebuah kartu lalu teman anda akan membuka kartu merah, dan anda ditawarkan untuk tetap atau mengganti kartu. Simulasi ini akan dipakai untuk mengecek apakah peluang mengganti pintu akan meningkatkan peluang mendapatkan mobil, oleh karena itu anda memilih untuk mengganti kartu. Lakukan simulasi ini sebanyak 15 kali dan catat apakah anda mendapatkan mobil atau kambing jika anda selalu mengganti kartu anda.

Simulasi 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15
 Mobil atau kambing

Dari 15 simulasi yang anda lakukan, apakah peluang mendapatkan mobil lebih tinggi jika anda mengganti pintu anda? Mungkin dari 15 simulasi anda belum mendapatkan keputusan apa-apa, mari kita lakukan simulasi yang lebih banyak tapi tidak dengan kartu seperti pada simulasi sebelumnya, namun dengan menggunakan bantuan website (http://www.grand-illusions.com/simulator/montysim.htm). Di dalam website tersebut anda dapat melakukan sampai dengan 1000 simulasi dan dalam setiap simulasi tersebut anda dapat menentukan strategi apa yang anda pilih, apakah tetap pada pintu yang anda pilih mula-mula atau mengganti pintu yang belum dipilih.

Tidak mengganti pintu Mengganti pintu
Mendapatkan mobil
Tidak mendapat mobil
Total simulasi 1000 1000

Dari simulasi yang telah anda lakukan, apakah keputusan anda sekarang, apakah anda akan menggunakan strategi untuk tetap pada pintu yang anda pilih mula-mula atau anda akan menggunakan strategi mengganti pilihan pintu.

Jika simulasi yang anda lakukan benar, maka strategi yang tepat adalah selalu mengganti pilihan pintu karena peluang anda mendapatkan mobil dua kali lebih besar dibandingkan dengan peluang anda mendapatkan mobil jika strategi anda adalah tetap pada pintu yang anda pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *