Penyelidikan secara statistik

Dalam memberikan suatu klaim hendaknya kita melakukan penyelidikan terlebih dahulu. Janganlah kita membuat sebuah pernyataan anekdot (pernyataan yang dibuat hanya berdasarkan pengalaman atau opini pribadi) yang nantinya akan mempermalukan kita sendiri. Penyelidikan secara statistik merupakan sebuah langkah yang sistematis yang akan menuntun kita ke sebuah kesimpulan yang valid dan dapat dipertanggung-jawabkan.

Berikut adalah enam langkah penyelidikan secara statistik yang sangat mirip dengan sebuah metodologi dari sebuah penelitian.

  1. Merumuskan masalah
    Dalam langkah ini, peneliti ingin menjawab sebuah pertanyaan. Sebagai contoh, peneliti ini mengetahui  apakah metode yang dipakai oleh peneliti benar-benar bekerja. Atau, peneliti ingin membandingkan dua buah metode (atau lebih) yang mana yang benar-benar berbeda atau semua metode sebenarnya sama saja.
  2. Pengumpulan data
    Dalam langkah ini, peneliti merancang sebuah proses pengumpulan data apakah dengan survei atau dengan sebuah percobaan.
  3. Pengolahan data
    Dalam langkah ini, peneliti harus mengolah data yang dia dapatkan pada proses sebelumnya. Peneliti akan mencari pola dari data yang dikumpulkan dan juga mencari data-data yang mengejutkan
  4. Inferensi statistik
    Langkah ini merupakan langkah yang paling penting. Dalam langkah ini, peneliti harus mencari metode yang tepat untuk dapat menarik kesimpulan. Peneliti juga harus dapat mempertimbangkan apakah data yang dibutuhkan sudah cukup atau belum.
  5. Penarikan kesimpulan
    Apakah kesimpulan yang diperoleh dapat diperumum menjadi pokok utama dari tahap ini.
  6. Evaluasi dan mengulang dari awal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *