Simulasi proses random

Proses random adalah suatu proses pembentukan data yang dilakukan dengan random (acak). Sebagai contoh, misalkan kita ingin mencatat setiap angka yang keluar setiap kali kita melempar dadu. Proses ini adalah salah satu contoh paling sederhana dari proses random. Salah satu karakteristik utama dalam proses random adalah melibatkan peluang. Dalam setiap kali kita melempar dadu, angka yang muncul tidak akan diketahui karena setiap angka mempunyai peluang untuk muncul. Tetapi jika kita melempar dadu berkali-kali, kita akan melihat sebuah pola dalam peluang suatu angka untuk muncul.

Untuk lebih jelasnya apa yang dimaksud dengan peluang, kita akan melakukan sebuah simulasi untuk permainan dadu. Misalkan kita ingin mengetahui proporsi berapa kali angka 4 akan muncul dalam setiap kali kita melempar dadu. Pertama kita lempar dadu tersebut sebanyak 20 kali dan kita akan mencatat proporsi berapa kali angka 4 akan muncul. Kita akan mendapatkan gambar berikut ini. 

Terlihat bahwa angka 4 muncul cukup sering di lima lemparan pertama lalu proporsi angka 4 mulai turun. Kita akan lanjutkan simulasi kita sampai 50 lemparan. 

Dari gambar diatas dapat diketahui bahwa proporsi munculnya angka 4 terus turun sampai lemparan ke 40 dan mulai naik lagi. Kita akan lanjutkan simulasi sampai 200 lemparan. 

Dari gambar diatas, terlihat bahwa proporsi muncul angka 4 sudah mulai konstan dan untuk lebih jelasnya kita akan lanjutkan simulasi tersebut sampai dengan 500 lemparan. 

Setelah melakukan 500 lemparan, kita melihat bahwa proporsi muncul angka 4 sudah mulai stabil dan berada disekitar suatu nilai. Mungkin teman-teman yang belajar matematika sudah tahu bahwa nilai tersebut adalah 1/6 = 0.16666. Harus dicatat bahwa karena ini merupakan proses random, tidak selalu dalam 500 lemparan kita mendapatkan proporsi yang stabil, namun yang jelas kita harus melakukan simulasi cukup banyak agar kita mendapatkan suatu proporsi yang stabil.

Dari simulasi proses random ini, kita dapat menarik kesimpulan bahwa untuk mengetahui peluang suatu kejadian kita dapat mensimulasikan kejadian tersebut.

Simulasi juga dapat digunakan untuk membuat keputusan yang tepat akan sebuah proses random. Kita akan melihat ini di post berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *