Workshop Statistika Elementer Berbasis Simulasi 30 Maret 2017

Pada tanggal 30 Maret 2017, tim kami telah melaksanakan workshop statistika elementer berbasis simulasi. Peserta dari workshop ini adalah guru-guru SMA se-Jabodetabek. Durasi workshop hanya berlansung selama satu jam 30 menit namun sudah dapat membangkitkan minat para guru-guru akan materi yang kami berikan. Beberapa komentar guru-guru yang kami dapat rangkum adalah sebagai berikut.

  1. Statistika Elementer berbasis simulasi merupakan contoh bagus dan saya mendapatkan ilmu baru.
  2. Ada baiknya untuk mereview Statistika Elementer tradisional terlebih dahulu
  3. Statistika Elementer berbasis simulasi memberikan hal yang kongret
  4. Statistika Elementer berbasis simulasi memanfaatkan penggunaan IT dalam belajar

Memang jumlah peserta dalam workshop ini tidak terlalu banyak hanya ada 12 guru yang berpartisipasi. Pada akhir workshop kami juga membagikan kuosioner mengenai beberapa hal, yakni

  1. Kebaruan materi
  2. Pengertian statistika
  3. Kebutuhan statistika
  4. Statistika berbasis simulasi
  5. Pelaksanaan workshop

Hasil dari kuosioner tersebut adalah 75% dari seluruh peserta mengatakan bahwa materi yang mereka pelajari dari workshop ini merupakan hal yang baru. Lalu 70% dari seluruh peserta mengatakan bahwa statistika berbasis simulasi membuat mereka semakin mengerti akan uji-uji dan konsep statistika. Dari segi akan kebutuhan statistika, 50% dari peserta merasa bahwa statistika itu sangat dibutuhkan namun 40% mengatakan bahwa statistika itu tidak harus dipunyai tetapi merupakan skill yang menambah wawasan.

Lalu, 90% dari responden lebih setuju akan pembelajaran statistika berbasis simulasi dibandingkan statistika secara tradisional, namun cara mengajar perlu ditingkatkan. Kategori yang terakhir adalah pelaksanaan workshop. Dari kuosioner didapatkan bahwa hanya 30% merasa bahwa workshop ini tidak terlalu efektik. Salah satu alasannya karena 60% dari responden merasa bahwa waktu workshop terlalu singkat dibandingkan dengan materi yang mereka dapatkan.

kebaruan kebutuhan simulasi

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *